Cara Cek Keaslian Identitas e KTP online dari Ponsel

Cek Keaslian identitas E KTP sekarang  dapat dilakukan online dari ponsel anda, data kependudukan seperti KTP merupakan data online yang menjadi kebutuhan penting, atau cara lain untuk mengecek keaslian KTP pengguna yang berkepentingan perlu datang ke kantor Disdukcapil.

Cek keaslian KTP berguna untuk meminimalkan masalah identitas palsu agar tidak terjebak penipuan, sekaligus membantu proses customer due dilligence, misalnya di Bank saat proses pengajuan kredit atau pembukaan rekening, namun khusus perbankan dan lembaga keuangan saat ini lebih terintegrasi dengan layanan BI checking.

cara cek keaslian KTP,  cara cek keaslian identitas KTP, cara cek keaslian e KTP,  aplikasi cek KTP, cara cek KTP online
Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan baik secara online atau pun offline alias datang ke disdukcapil di kota / kabupaten tempat anda.

Cara Cek Keaslian identitas E KTP secara online dari Ponsel anda,

Beberapa Cara cek keaslian KTP secara online dari Hp anda

1. Cek NIK KTP online via Medsos

Cek keaslian dan kebenaran NIK KTP dapat dilakukan secara online anda dapat mencobanya dengan mengirimkan permasalahan mengenai NIK KTP dan KTP melalui akun facebook Disdukcapil  atau akun twitter Disdukcapil lalu tulis dan kirimkan sesuai format yang diminta di FB atau Twitter Disdukcapil. Tiap disdukcapil kota kabupaten mungkin memiliki akun yang berbeda. 

2. Cara cek KTP via Situs Disdukcapil  Kemendagri

Untuk Cek keaslian NIK KTP via situs resmi Disdukcapil  saat ini baru beberapa daerah di Indonesia yang memberikan layanan cek NIK KTP Kemendagri. beberapa Disdukcapil seperti :

Untuk daerah lainnya anda dapat mencoba browsing dengan Kata kunci "Cek KTP NIK ..Kota anda..".

3. Melalui SMS atau WhatsApp

Cara cek E KTP via SMS aplikasi pesan WhatsApp, tentunya memerlukan nomor telepon resmi disdukcapil, nomor telepon yang ada di situs-situs internet mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu. 

Nomor telepon yang banyak di rujuk di internet :
• SMS ke nomor 0815-3636-9999  format cek#KTP#NIK.
• Whatsapp ke nomor 0813-2691-2479 format pesan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota

Agar data-data yang anda kirim lebih aman, sebaiknya anda cek langsung terlebih dahulu nomor-nomor telepon resmi layanan kependudukan di Situs Resmi Kemendagri :

Dan situs resmi layanan Disdukcapil di kota / kabupaten tempat KTP diterbitkan. Atau bisa melalui Hotline layanan Care Canter Disdukcapil 1500-537 untuk Cek validasi NIK KTP Online.

4. Aplikasi android cek KTP 

Aplikasi android cek NIK e KTP online semakin menjamur di Play Store. Namun sepertinya Disdukcapil belum pernah mengeluarkan aplikasi cek NIK KTP. 

Kebanyakan dari aplikasi yang ada hanya membaca dan menampilkan  NIK berdasarkan Kode Propinsi,  Kode Kabupaten / Kota, Kode Kecamatan, jenis kelamin dan tanggal lahir. Tetapi tidak dapat mengetahui Validitas NIK KTP.

Padahal keakuratan hasil pengecekan informasi data KTP yang diinginkan sangat penting untuk pengambilan keputusan.

Beberapa aplikasi resmi layanan dokumen kependudukan.
ALPUKAT BETAWI - Jakarta

Arti 16 Angka NIK KTP

NIK KTP atau Nomer Induk Kependudukan E KTP terdiri dari 16 digit deretan angka yang berkaitan data pemilik yaitu :

• 6 digit pertama merupakan kode wilayah dimana NIK pertama kali didaftarkan yang tersusun dari 2 digit pertama untuk kode provinsi, 2 digit kedua untuk kode kabupaten/kota, dan 2 digit ketiga untuk kode kecamatan.

• 6 digit berikutnya menunjukan tanggal lahir pemilik NIK, terdiri dari 2 digit untuk tanggal, 2 digit untuk bulan, dan 2 digit untuk tahun lahir, Untuk penduduk berjenis kelamin perempuan, ditambahkan angka 40 pada tanggal lahir. 

• 4 digit selanjutnya merupakan  nomor urut yang ditentukan secara sistem. 

Di sisi lain Mungkin Kemedagri dan Disdukcapil tidak dapat memberikan kemudahan akses validasi KTP pada setiap individu karena alasan keamanan data pemilik identitas. Kecuali untuk kepentingan yang jelas dan bertanggung jawab.   

Karena itu akan lebih aman dan akurat jika masyarakat yang berkepentingan melakukan Cek validasi keaslian identitas NIK KTP online dari Hp dengan mengunjungi Situs dan akun resmi Disdukcapil dan  Kemendagri atau datang langsung ke kantor layanan kependudukan terdekat.


SHOW COMMENTS
HIDE COMMENTS

0 Response to "Cara Cek Keaslian Identitas e KTP online dari Ponsel"

Post a Comment

Trims telah mengunjungi dan memberi komentar baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel