Cara Memperbaiki Flasdisk Rusak Tidak Terbaca

Flashdisk rusak tidak terbaca , cukup sering kita alami, terkadang flashdisk  tak terbaca walaupun kondisinya masih sangat baru. Jika kita mengalami masalah flashdisk tidak terbaca, biasanya kita menyangka flashdisk tersebut rusak. Sebaiknya kita coba dulu cara  memperbaiki flashdisk rusak dan tidak terbaca tersebut, karena mungkin saja data-data yang tersimpan di flaskdisk sangat penting.
Cara memperbaiki flashdisk rusak, mengatasi flashdisk tidak terbaca, memperbaiki flashdisk tidak terbaca
Flashdisk Rusak Tidak Terbaca biasanya terjadi karna beberapa sebab misalnya, seringnya  memindahkan data, terserang virus atau terkena air, jatuh, menyimpan flashdisk di tempat panas atau bisa juga dari kualitas flashdisk yang buruk, pastikan anda membeli flashdisk dengan kualitas baik karena data yang disimpan jauh lebih berharga dan mahal dibandingkan harga flashdisk. 

Flashdisk rusak dan tidak terbaca juga dapat terjadi karena sering kali anda melepas flashdisk dari laptop atau komputer tanpa Safely Remove Hardware. Hal ini dapat mengakibatkan crash pada chip flashdisk yang mengakibatkan kerusakan permanen pada flash disk, atau bisa juga menyebabkan flashdisk write protected.

Untuk memperbaiki flasdisk rusak tidak terbaca cobalah beberapa cara berikut :

1. Cara pertama memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca, coba colokan flashdisk ke komputer lain, jika terbaca maka mungkin saja sistem atau hardware komputer anda yang bermasalah. Jika tetap tidak terbaca lakukan cara ini :

- Pertama hubungkan dulu flashdisk rusak tidak terbaca dengan PC atau laptop. Kemudian buka menu Control Panel dan pilihan Hardware and Sound.

- Lalu buka Device Manager dan cari Universal Serial Bus Controller. Carilah di menu dropdown perangkat USB Mass Storage Device dengan tanda peringatan berwarna kuning.

- Selanjutnya klik kanan dan pilihlah opsi Uninstall. Setelah itu anda bisa mencabut dan menghubungkan kembali Flashdisk ke PC atau laptop, atau bisa juga langsung restart PC atau laptop yang kamu gunakan.

2. Cara ke dua, Jika flashdisk tetap tidak terbaca, tancapkan kembali  flashdisk ke komputer atau laptop, Lalu klik shortcut di keyboard tekan CTRL + R,  kemudian ketik di kolom perintah compmgmt.msc lalu tekan Enter.

Maka akan terbuka program compmgmt,  klik program tersebut. Pada menu pilih Storage yang kemudian pilih Disk Management.
jika kerusakan tidak parah maka Flashdisk dapat terbaca oleh sistem, Jika flashdisk terbaca maka klik kanan lalu pilih menu Create partition. format flashdisk dengan melakukan klik kanan kemudian pilih Format.

3. Cara ke tiga, Colokan flashdisk rusak tidak terbaca ke komputer klik control panel, ganti mode menjadi klasik. Caranya klik pada tombol ‘Switch to classic’  ubah menjadi tampilan klasik, cari dan klik menu Add hardware, maka akan keluar kotak dialog, klik Next, Pilih yes, karena sudah terhubung dengan flashdisk.

4. Cara ke empat, Colokkan flashdisk rusak tidak terbaca ke laptop atau komputer, klik start, klik run, ketikkan CMD, dan ketik F: jika jika flashdisk ada di drive F Kemudian ketikkan chkdsk/f, setelah itu akan muncul pilihan yes or no lalu ketik Y untuk memilih yes, maka akan muncul menu untuk restart ketik Y agar komputer restart. Setelah restart maka flashdisk akan terdeteksi tapi jika belum lakukan hal yang sama.

5. Cara Ke lima, ini termasuk ekstrim untuk mengatasi dan memperbaiki flashdisk rusak tidak terbaca yang sulit diatasi, yaitu, dengan menggunakan software HDD Low Level Format tool yang tersedia dalam dua versi yaitu Full dan Free. fitur yang ada pada free versi sepertinya sudah cukup mengatasi masalah flashdisk rusak tidak terdeteksi.

Jika tidak berhasil juga. Dan jika data dalam flashdisk sangat penting coba bawa flashdisk rusak tersebut ke Ahli service komputer atau elektronik di kota anda. Demikian Cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan tidak terbaca, sekedar tips usahakan selalu backup data penting anda ke beberapa media penyimpanan, agar saat salah satu media rusak atau hilang akan mudah bagi anda untuk mendapatkan data dari file backup. Selamat mencoba semoga berhasil.

SHOW COMMENTS
HIDE COMMENTS

0 Response to "Cara Memperbaiki Flasdisk Rusak Tidak Terbaca"

Post a Comment

Trims telah mengunjungi dan memberi komentar baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel