Cara Mengatasi dan Memperbaiki Smartphone Android Lemot

Tentu anda akan kesal jika kinerja Hp atau Smartphone Android lemot alias lambat, ingin rasanya membeli Smartphone baru yang lebih canggih tapi tentunya harus keluar uang lagi, Padahal budget belum mencukupi. Slow, Sebaiknya anda mencoba cara mengatasi dan memperbaiki hp android lemot, ini terlebih dahulu.
cara mengatasi hp lemot, memperbaiki hp lemod, mengatasi smartphone lemot, mengatasi hp android lemodSmartphone android zaman sekarang pastinya telah dibekali fitur canggih dan spesifikasi tinggi, namun demikian jika  usia hp android anda sudah lebih dari 2 tahun, anda pasti merasakan Kinerja smartphone android menjadi lambat atau lemot, diantaranya kecepatan menurun, loading lama, kurang responsive dan lain-lain. 

Penyebab Smartphone Android Lemot

• Terlalu banyak Aplikasi yang terinstal di smartphone Android. Sehingga memori  HP Android hampir habis karena aplikasi tersebut.

• Banyaknya Apliksi terinstal yang berjalan dilatar belakang, sehingga memberatkan kinerja RAM Hp android. Selain itu banyaknya Aplikasi yang sedang berjalan bersamaan akan membuat RAM menjadi penuh dan HP menjadi lemot.

Cara mengatasi dan memperbaiki hp android lemot, anda dapat mencoba beberapa hal berikut,

1. Perhatikan Kapasitas RAM dan Memori penyimpanan.

• Hindari memori HP terlalu penuh, hapus foto, dokumen dan file yang kurang penting, atau anda bisa menambahkan SD card berkecepatan tinggi sebagai tempat penyimpanan.

2. Menginstal Aplikasi di SD card.

Aplikasi terinstal di Hp android akan disimpan di Internal memori, jika memori internal anda penuh maka anda tidak dapat menginstal aplikasi lagi di Hp anda, untuk itu anda dapat menggunakan aplikasi seperti Apps2SD agar bisa menyimpan aplikasi di memori eksternal.

3. Rajin Membersihkan memori Hp

• Anda dapat menggunakan Aplikasi semacam Clean Master untuk membersihkan Memori dan menghapus Cache di Hp anda. 

• Jika anda sering membuka beberapa aplikasi secara bersamaan atau Multitasking di Hp. Ada dapat mengguakan Aplikasi Auto Kill, yang akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di background, sehingga hp Android tidak akan lemot.

4. Hapus dan Berhentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

• Hapus uninstal Aplikasi yang jarang dipakai agar memori hp tidak penuh

• Jika Aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan HP anda dapat menghentikan paksa atau disable dengan cara : Settings > Apps, pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable. Atau anda bisa menonaktifkan aplikasi bawaan.

5. Wallpaper animasi dan wilget

wallpaper animasi dan wilget dapat mempercantik tampilan Smartphone, namun hal tersebut juga dapat menambah kerja RAM sehingga membuat HP lemot. Sebaiknya Kurangi pemakaian Wilget dan Wallpaper animasi.

6. Pengaturan Animasi di menu Pengembang.

Cara lain memperbaiki Smartphone Android lemot  adalah  mengatur skala dan durasi animasi, Caranya :
Menu Setting > Tentang Ponsel > pilih Informasi Perangkat > tekan 7 kali pada Nomor Bentukan,  hingga muncul notifikasi Developer Mode telah diaktifkan.

Setelah kembali ke menu Setting > pilih Developer option > disini anda dapat memodifikasi 3 pilihan menu ( Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration ) ubah skala dari 1x menjadi 0,5x. setelah itu Restart Smartphon android anda.

7. Menghapus Cache Partition dan Non Aktifkan Auto-Sync

• Untuk mengatasi Hp android lemot anda sebaiknya menghapus cache partition minimal sebulan sekali, caanya masuk ke Recovery Mode > Wipe Cache Partition.

• Auto-Sync berfungsi agar semua akun yang terpasang di Android kamu tetap terhubung, namun hal ini cukup berdampak pada kinerja HP android. 

Agar hp Android kamu tetap dapat terhubung di saat penting, dan otomatis mematikan Auto-Sync, kamu bisa Instal  aplikasi semacam MacroDroid - Device Automation, yang  sekaligus dapat  menghemat baterai hp Android.

8. Membatasi penggunaan data

Pada beberapa merk smartphone terdapat aplikasi dengan fitur membatasi penggunaan data, yaitu mematikan data pada aplikasi yang tidak sedang dijalankan. Atau melalui pengaturan > setting > Aplikasi > klik aplikasi > non aktifkan data latar belakang.

Performa Smartphone Android tidak selalu ditentukan oleh RAM yang besar atau prosesor yang cepat. Hal itu tergantung bagaimana anda menjaga performanya dan cara mengatasi dan memperbaiki hp android agar tidak lemot.

SHOW COMMENTS
HIDE COMMENTS

1 Response to "Cara Mengatasi dan Memperbaiki Smartphone Android Lemot"

Trims telah mengunjungi dan memberi komentar baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel